Pendapat tentang perbudakan masa kini,seperti Human Trafficking? Setujukah kalian dengan kata 'Negro' dan 'Indon'?



Dahulu perbudakan kuno diperoleh dengan memperkerjakan secara paksa para narapidana sebagai hukuman, namun perbudakan berkembang menjadi alat barter antara para penguasa lokal Afrika dengan dengan Bangsa Eropa. Lalu untuk menambah jumlah budak yang dibutuhkan, perburuan budak pun dilakukan dengan cara penculikan dan penyerbuan di desa-desa di Benua Afrika.

Orang-orang Afrika yang diculik oleh orang Eropa, selanjutnya dibawa ke Benua Amerika untuk diperdagangkan. Budak yang kuat, sehat terjual dengan harga yang paling tinggi, sementara budak yang kecil, muda, tua, sakit terjual paling akhir dengan harga murah. Biasanya budak yang datang dengan keluarganya dipisahkan dan dijual terpisah oleh para pedagang budak.

Perbudakan saat ini mengalami metamorfosa dalam bentuk baru, bernama human trafficking atau perdagangan manusia, yang mengarah pada prostitusi, kerja paksa, buruh paksa, dan pekerja anak. Mereka terenggut hak asasinya sebagai manusia bebas dan bermartabat. Mereka dieksploitasi secara fisik maupun psikis.

Perbudakan modern ini ilegal namun keberadaanya seakan dijaga oleh kekuatan yang tak terjangkau hukum demi mengejar keuntungan berlimpah.

Indonesia merupakan negara sumber utama, tujuan, dan transit bagi perdagangan manusia dan pekerja paksa serta anak-anak. Sekitar 1,6 juta pekerja ilegal asal Indonesia bekerja di luar negeri. Tak kurang dari 70 persen di antaranya adalah wanita dan anak-anak yang dipekerjakan secara eksploitatif. Praktik perbudakan terhadap 34 orang buruh pabrik pengolahan aluminium di Tangerang, Banten, misalnya, merupakan salah satu contoh perbudakan modern. 

Tidak hanya di dalam negeri di luar negeripun ada  yang mempunyai julukan khusus untuk orang indonesia yang bekerja disana yaitu Indon. Kata indon disini artinya jongos atu budak, karena banyak orang Indonesia bekerja di sana sebagai pembantu rumah tangga. Tentu saja kata ini menghina bagi warga Negara Indonesia, walaupun Negara itu beralasan menyebut kata Indon itu sebagai singkatan dari Indonesia.
Tidak hanya Negara Indonesia saja yang mendapat julukan negative dari Negara lain. Negara lain juga ada, contoh nya yaitu kata Negro. Ya kata negro di sini adalah untuk menghina bagi orang-orang yang berkulit hitam.
Jadi menurut pendapat saya kata Indon maupun Negro sangat tidak pantas dikatakan untuk seseorang. Karena itu sama saja menghina derajat orang tersebut.

Praktik human trafficking adalah potret perbudakan moderen. Itu merupakan kejahatan kemanusiaan yang harus diberantas mulai dari hulu sampai hilir. Bukan kerja ringan, tapi tak ada yang tak mungkin jika kita bersungguh-sungguh melakukannya.

0 komentar:

Posting Komentar